Aku, Kamu, Dia, Mereka = INDONESIA

Haruskah aku berjuang untukmu?
Haruskah aku bersedih jika ada bagian dirimu yang hancur?
Haruskah aku ikut membelamu jika ada yang berusaha melukaimu?
Tidak.
Aku tak perlu melakukan semua itu
Aku tak perlu ikut membantu
Karna aku adalah kamu. Kamu adalah aku
Kita adalah satu. Indonesia, itulah namaku.




INDONESIA. Satu kata dengan berjuta inspirasi dan motivasi didalamnya. Bukan hanya makanan, tradisi, budaya, tetapi bangsa Indonesia sendiri memiliki hal-hal yang bahkan tidak dimiliki oleh bangsa lain. Banyak hal kecil yang sebenarnya mencerminkan bangsa Indonesia, meskipun selama ini disadari atau tidak melekat pada diri kita. 

Kalau ada pertanyaan, "Apa alasan kamu mengikuti lomba ini?" Tidak munafik, saya akan menjawabnya, "Karna hadiahnya" Tapi sejujurnya secara tidak langsung ada alasan lain kenapa banyak orang mengikuti lomba ini, yaitu karena kami adalah bangsa Indonesia. Jika dengan mengikuti lomba ini kami bisa membuka seluk beluk Indonesia lebih luas dan memamerkannya kepada dunia, kenapa tidak mengambil kesempatan itu?? 

Seperti yang saya katakan sebelumnya, banyak hal tentang Indonesia yang sebenarnya menarik dan berbeda dari negara lainnya, termasuk tentang bangsa Indonesia itu sendiri. Beberapa hal tersebut seperti berikut :


1. Khatulistiwa
Khatulistiwa adalah garis imajinasi yang membagi Bumi menjadi 2 kutub, yaitu kutub Utara dan kutub Selatan. Dan disinilah Indonesia berada, di garis Khatulistiwa. Pontianak, Kalimantan Barat merupakan tempat diletakkannya Tanda Penunjuk Khatulistiwa.


Equator Monument


2. Ragam Bahasa
Bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional kita, tetapi disamping itu Indonesia juga memiliki berbagai macam bahasa yang berbeda disetiap daerahnya. Bahasa itulah yang menjadi ciri khusus dari tiap daerah di seluruh pelosok Nusantara, terlebih menjadi ciri khusus Indonesia di mata dunia. Hal itu karena tidak banyak negara yang memiliki berbagai macam bahasa di setiap daerahnya, jika ada perbedaan mungkin mereka hanya berbeda dialek, tetapi secara keseluruhan mereka memiliki bahasa yang sama. Seperti contohnya :
  • Bahasa Sunda di Jawa Barat
  • Bahasa Jawa di Jawa Tengah
  • Bahasa Batak di Sumatera Utara
  • Bahasa Betawi di Jakarta
Bahkan Indonesia memiliki suatu bahasa yang telah berkembang mengikuti pola dan tingkah laku masyarakat sekitar, contohnya bahasa Ngapak. Bahasa ini dimiliki masyarakat daerah Tegal, Pemalang, Cilacap, Kebumen, dan beberapa daerah lainnya. Sebenarnya bahasa ini masih tergolong bahasa Jawa, akan tetapi telah disesuaikan mengikuti daerah yang memakainya.


3. Ragam Budaya
Indonesia juga merupakan negara dengan beragam budaya. Mulai dari budaya siraman sebelum acara pernikahan, lempar pantun dalam pernikahan Betawi, tradisi "rebutan" gunungan (Garebek), dan Ngumbai Lawok (mencuci laut) di Lampung. Sebut saja sebuah budaya di Tanah Toraja dalam pemakaman. Semakin kaya orang yang telah meninggal, maka semakin mahal dan megah acara tersebut. Ada pula dengan cara penyembelihan kerbau, semakin banyak yang disembelih maka semakin kaya orang tersebut. Tiga cara pemakamannya adalah : Peti mati dapat disimpan di dalam gua, atau di makam batu berukir, atau digantung di tebing.


Makam Tana Toraja


4. Ragam Seni
Jika berhubungan dengan seni, Indonesia bisa dikatakan negara dengan beragam seni yang terus mengalir dan tanpa habisnya. Sebut saja tiga hal yang paling sering diperbincangkan oleh banyak masyarakat, mulai dari masyarakat dalam negeri hingga masyarakat luar negeri. Batik, Wayang, Angklung. Batik dan Wayang sendiri memiliki beragam jenis dan bentuk yang disesuaikan dengan karakter masing-masing daerah. Batik Pekalongan adalah batik yang paling sering dicari, dan wayang kulit adalah wayang yang paling diminati. Angklung sendiri dibuat tiap jenis memiliki nada yang berbeda, disesuaikan dengan ukuran angklung tersebut.  Hingga negara tetangga berusaha membuat klaim terhadap ketiga produk asli Indonesia tersebut. Reog Ponorogo dari Jawa Timur, lagu Rasa Sayange dari Maluku,  sampai yang paling baru yaitu Tari Tortor dari Sumatera Utara juga ikut di klaim oleh negara tertangga tersebut.


Wayang-Batik-Angklung



5. Ragam Boga
Makanan termasuk kebutuhan pokok seluruh manusia. Sebagai negara yang sering dijadikan jalur perdagangan antar benua, Indonesia memiliki bermacam rempah-rempah yang tersebar di seluruh Nusantara. Dengan demikian, macam makanan yang dihasilkan ada beragam dan memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan rempah yang menjadi icon daerah tersebut. Rendang adalah salah satu contoh makanan khas Indonesia dengan cita rasa rempah yang kuat di dalamnya. Indonesia juga memiliki keunikan sendiri dengan adanya Warung Tegal dan Rumah Makan Padang yang merupakan dua tempat makan yang selalu ada di tiap sudut kota di Indonesia. Namun, dari semua itu nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, meskipun ada sebuah tempat yang menggunakan singkong sebagai makanan pokoknya.


6. Kebiasaan dan Tutur Kata
"Anggap saja rumah sendiri", merupakan kalimat yang sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia dalam menerima tamu ke dalam rumah. Kebiasaan yang hanya dimiliki masyarakat Indonesia. Kebiasaan lainnya adalah salim, yang merupakan suatu bentuk kesopanan terhadap orang yang lebih tua, sama halnya seperti menjaga tutur kata dengan orang yang lebih tua. Bahkan dalam masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah ada tingkatan bahasa untuk setiap usia, dimana bahasa untuk orang yang lebih tua berbeda dengan bahasa untuk teman atau orang yang lebih muda. 


7. Genre Musik Nasional
Apabila di luar negeri ada Michael Jackson sebagai "THE KING OF POP", Elvis Aaron Presley sebagai "THE KING OF ROCK N ROLL", dan James Brown sebagai "GODFATHER OF SOUL". Indonesia sendiri juga memiliki icon ternama, yaitu H.Rhoma Irama sebagai "RAJA DANGDUT". Dangdut sendiri adalah genre musik yang dapat mencangkup segala usia dan berbagai kalangan, mulai dari anak muda sampai orang tua. Bahkan mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas. Melalui Sang Raja Dangdut, musik ini bisa masuk kancah Internasional dan dikenal sebagai musik khas Indonesia. Uniknya Dangdut adalah sesedih apapun lirik lagu tersebut, tetap dapat membuat orang yang mendengarkan bergoyang.





Aku memiliki banyak angan, aku memiliki banyak impian
Tak ada belas kasihan, tak ada penyesalan yang datang
Bukan janji yang kuberikan, tapi sebuah pembuktian yang akan dikenang
Kekuatanku berasal dari kalian
Kekuatanku datang karna jiwa bersih dan sebuah kepercayaan
Itulah aku. Itulah kebenaran tentangku.
Aku, Indonesia









Sumber gambar dari : 




-Bangsa Indonesia-

Komentar

  1. Semangaaaat !!!
    Salam Pramuka !!

    BalasHapus
  2. Semangat!!
    Indonesia sampai nanti! sampai Kapanpun,

    Numpang Blog walking ya, nice blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangaaat buat generasi muda !! Sukses mengembangkan bangsa :))

      Hapus
  3. wesssss... indonesia banget.!! Aku cinta Indonesia dari sabang sampai merauke. tulisannya bikin semangat aja nih, **ngga tau semangat apaan. pokoknya semangat aja.

    BalasHapus

Posting Komentar

"Recehan kalian sangat berarti untuk pembangunan blog ini kedepan. Terima kasih."

Postingan populer dari blog ini

Sanggupkah Aku?

Bicara Hanya Bicara